Rabu, 12 Mei 2010

Trend Rumah Minimalis Tropis 2010

Kesan tropis dihadirkan melalui pemakaian batu alam sebagai unsur dekoratif, sedangkan konsep minimalis diterapkan lewat penggunaan dak-dak beton sebagai kanopi.

Rumah tipe Chrusant 165/186 seharga Rp. 2,5 milyar di perumahan Taman Grisenda Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, ini mengusung tema minimalis tropis pada fasad rumahnya. “Saat ini banyak pengembang yang menonjolkan fasad dengan tema minimalis yang terlalu futuristik. Tema seperti itu musiman, tidak tahan lama. Jadi, menurut kami unsur alam tidak boleh ditinggalkan, tetap harus terlihat pada fasad rumah,”




Dengan konsep perkebunan dan nuansa alam yang melingkungi perumahan, menurut dia fasad bergaya minimalis tropis dirasa paling pas. Kesan tropis dihadirkan melalui pemakaian batu alam sebagai unsur dekoratif pada dinding fasad. Terlihat kuat pada dinding menyiku yang menutup sebagian area teras. Dinding masif yang diberi tiga lubang berbentuk persegi empat itu, menjadi titik pandang yang menarik di bagian tengah bangunan dengan lebar delapan meter ini.

Sementara jendelanya dibuat dengan ukuran besar-besar, ditambah lubang ventilasi di bagian atas. Itu membuat udara leluasa masuk dan tidak perlu lagi menggunakan pendingin udara serta lampu pada siang hari, karena cahaya matahari sudah sangat mencukupi. “Menurut kami, rumah yang nyaman itu terkait dengan penataan ruang, sirkulasi udara, sistem pencahayaan, selain soal art bangunannya sendiri,“ kata Yan.
Sedangkan konsep minimalis diterapkan lewat penggunaan dak-dak beton persegi empat sebagai kanopi di atas jendela-jendela dan area teras yang menaungi pintu masuk utama. Dinding fasad disapu warna abu-abu muda dan dipadu dengan warna cat putih, untuk menegaskan garis-garis mendatar yang dihasilkan dari bentukan dak beton dan list vertikal yang membingkai dua buah jendela kamar di depan taman.

Sebagai pengimbangnya, diberi aksen warna hitam pada lubang-lubang ventilasi, dan warna cokelat tua dari kusen kayu kamper samarinda oven pada pintu dan jendela. Fasad rumah satu lantai yang dirancang MJ.White ini, sekilas terlihat seperti bangunan dua lantai karena plafonnya dibuat tinggi, mencapai 4,3 meter dari lantai.




Model atap pelana dengan genteng beton flat berwarna hitam, dipecah menjadi tiga bagian dengan dua ketinggian berbeda. Atap paling tinggi terletak di bagian tengah yang menaungi ruang tamu dan ruang keluarga.

Daftar rumah-rumah yang menganut konsep modern tropis di Jakarta dan kisaran harganya .

Data per Mei 2011 :

1.Taman Grisenda Pantai Indah Kapuk ( 2,5 milyar - 7,5 milyar , harga tanah 8 - 10 jt/m )
2.Casa Goya Kebon Jeruk ( 1,5 milyar - 3,5 milyar , harga tanah 5-7 jt/m )
3.Grand Orchard Kelapa Gading ( 1,5 milyar - 3 milyar , harga tanah 7 -9 jt/m)
4.Green Mansion Daan Mogot ( 1,5 milyar - 3 milyar )
5.Casa jardine Daan Mogot ( 800 juta - 2,5 milyar , harga tanah 5 - 6 jt/m )
6.Puri Botanical Kebon Jeruk ( 1,5 milyar - 2,5 milyar , harga tanah 5 jt/m )
7.Puri Mansion di Puri Indah ( 1 milyar - 2,5 milyar )
8.Gading Kirana di Kelapa Gading ( 1,5 milyar - 5 milyar , harga tanah 7- 9 jt/m )
9.Mediterania Kelapa Gading ( 1,5 milyar - 5 milyar , harga tanah 9 - 11 jt /m )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

addme