Minggu, 30 Mei 2010

Desain Rumah Pantai Indah Kapuk

Menata Interior Modern Tropis

Harmonisasi antar-ruang dalam sebuah rumah tinggal tentunya akan tercipta lebih baik jika mengangkat sebuah konsep desain interior yang terkait satu sama lain, meskipun dalam dunia desain interior sah-sah saja menabrakkan dua sampai tiga konsep gaya desain. “Tidak ada aturan semua ruang harus seragam. Bisa saja di ruang keluarga gayanya etnik, di kamar tidur anak bertema futuristik. Tapi, syaratnya kedua ruang ada pembatas. Jika antar-ruang saling menyambung sehingga terlihat dalam satu pandangan mata, sebaiknya dihadirkan dalam satu konsep saja,“ kata arsitek muda Anna Hadi Purnamasari, pemiliki studio Annahape.




Memadupadankan dua gaya, modern dan tropis, juga bisa menjadi satu pilihan desain yang akan kita bahas berikut ini. Unsur tropis lebih memanfaatkan kekuatan dari alam seperti cahaya matahari dan aliran udara. Karena itu penataan rumah tropis harus menempatkan banyak bukaan agar limpahan cahaya alami dan angin segar dapat masuk ke dalam bangunan. Sementara gaya modern mengacu pada gaya hidup yang lebih simpel dan praktis. Detil-detil dan ornamentasi yang tidak perlu cenderung dihilangkan.

Paduan Material Alami dan Buatan
Ketika memilih gaya desain, berarti kita juga harus mengetahui karakter material yang cocok digunakan. Unsur tropikal terkait erat dengan pemanfaatan kembali bahan-bahan alami seperti batu alam, kayu dan bahan-bahan lokal seperti bambu, mendong, tikar, pelepah pisang, dan lain-lain. Sedangkan karakter modern dapat diciptakan dengan penggunaan material industrial seperti alumunium, stainless steel, besi dan kaca. Keduanya bisa kita padukan atau kita angkat salah satunya saja.

Aksen Ruang

Seperti yang terlihat di rumah contoh perumahan Grisenda Pantai Indah Kapuk, anda bisa menerapkan material alami sebagai aksen pada dinding atau lantai di rumah. Untuk menguatkan kesan modernnya, pengolahan material alami ini tentunya harus dipertimbangkan tetap terlihat simpel, tidak banyak detail. Seperti batu alam, pilih yang tampilannya tidak terlalu rustic (permukaan kasar, bentuk tidak beraturan) tapi yang permukaannya agak halus serta corak dan warnanya satu warna. Contohnya, batu andesit atau paras jogja. Begitu pula pada pengolahan kayu, sebaiknya dihadirkan dalam bentuk-bentuk geometris dengan finishing yang rata (flat). Lantai misalnya dapat dilapisi parket yang terlihat alami dan tetap presisi.




Eksplorasi bahan-bahan alami lokal seperti anyaman tikar ternyata juga bisa diangkat dalam nuansa modern yang kuat seperti ruang keluarga ini. Tampilan dinding dan lantai yang menyatu membentuk bidang persegi dalam balutan bahan tikar berwarna cokelat kehijauan tampak menarik.

Furnitur

Furnitur dapat dihadirkan lebih variatif dalam pemakaian materialnya. Seperti yang terlihat di dominan perumahan di bagian utara jakarta seperti Kelapa Gading dan Pantai Indah Kapuk, selain unsur kayu, bisa ditambahkan anyaman rotan, mendong, eceng gondok, pelepah pisang, bambu dan jenis tanaman lainnya yang kini sudah banyak dikembangkan.

Desain furnitur lebih dominan mengemas material tropis dalam bentuk yang modern. Pilih yang bergaris tegas, tidak ada detail profil. Untuk upholstery, pakailah bahan yang bertekstur sesuai dengan fungsinya (lembut atau kasar) dan juga warna yang sesuai. Desain modern membutuhkan desain yg kompak, furnitur sistem build-in lebih tepat untuk beberapa fungsi dan dikombinasikan dengan furnitur satuan (loose furniture/freestanding) . Contohnya, kamar tidur bagian panel kepala ranjang dan lemari serta meja dibuat build-in, sedangkan dipan dan sofa diletakkan sendiri saja.

Warna Cerah
Jika gaya modern minimalis banyak memakai warna abu-abu, merah dan hitam untuk pewarnaan dinding ruang, maka pada modern tropis lebih cocok mengambil warna-warna natural seperti cokelat, hijau, krem, atau putih. Warna-warna pastel yang ringan masih sesuai dihadirkan untuk mengangkat suasana ruang terlihat terang, apalagi dibantu cahaya matahari yang dibiarkan banyak masuk ke dalam rumah modern tropis.
Partisi yang Menembuskan Cahaya


Tata letak ruang dalam interior modern yang serba terbuka, menghendaki pengurangan penggunaan sekat. Batas fisik antar-ruang biasanya tidak dihadirkan secara massif tapi transparan. Sejalan dengan pendekatan unsur tropis yang memasukkan banyak cahaya alami dan udara ke dalam ruang, memakai banyak bukaan pintu dan jendela yang besar serta dinding dari kaca transparan perlu dimanfaatkan secara optimal.


Karena itu, jika ingin tetap membuat sekat, sebaiknya partisi didesain rendah, bisa juga berupa kaca transparan atau sedikit buram, sehingga tetap memasukkan cahaya dan mengalirkan angin. Dan batas fisik itu tidak menutupi pandangan.

Misalnya, antara ruang tamu dengan ruang makan hanya disekat sebagian dengan panel
kayu rendah atau kisi-kisi kayu. Interior menjadi tetap berkesan terbuka, ringan dan lapang tanpa mengubah tata letak dan fungsi ruang.

Manfaatkan Ruang luar
Rumah modern tropis kerap memiliki inner courtyard yang bisa terletak di tengah ruang, samping atau bagian belakang bangunan. Idealnya, seluruh ruang di rumah dapat menikmati view ke arah ruang terbuka seperti itu. Paling tidak, posisikan ruang yang banyak dimanfaatkan untuk anggota keluarga seperti ruang makan dan ruang keluarga serta juga ruang kamar tidur yang memerlukan lebih banyak pertukaran udara segar dan pencahayaan alami.

Daftar harga tanah di PIK 2011

1. Bukit Golf Mediterania PIK , harga tanah 10 – 12 juta/m

2. Mediterania Resor PIK, harga tanah 12 – 15 juta/m

3. Grisenda PIK , harga tanah 9 -11 juta/m

4. Elang laut PIK, harga tanah 6-7 juta/m

5. Katamaran,Trimaran, Layar PIK, harga tanah 8 – 9 juta/m

6. Lotus Palace PIK, harga tanah 15-17 juta/m

7. Mayang PIK, harga tanah 8-9 juta/m

8. Goldcoast PIK, harga tanah 14-17 juta/m

9. Camar, Manyar – PIK, harga tanah 8 – 9 juta/m

10. Garden House PIK, harga tanah 16 – 18 juta/m

11. Mediterania Boulevard, Venice,Rome PIK, harga tanah 10 – 12 juta/m

12. Phinisi PIK, harga tanah 11 -13 juta/m

13. Ebony Golf -PIK, harga tanah 12- 14 juta/m

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

addme