Senin, 26 April 2010

Tol JORR W1 Mendongkrak Harga Sekitar PIK Dan Puri Indah

Tol Outer Ring Road Mendongkrak Harga Tanah di PIK Dan Kembangan



Akses tol baru diharapkan bisa menaikkan minat konsumen terhadap perumahan di koridor Jl Ring Road dan sekitarnya.

Akhirnya jalan tol lingkar luar Jakarta atau JORR seksi W 1 Kembangan – Kamal Muara dimulai juga pembangunannya. Kegiatan konstruksi sudah terlihat dari pengumpulan tiang pancang dan alat-alat berat di Puri Kembangan, Jakarta Barat. Tol W1 dibangun secara elevated (layang) di atas Jl Ring Road yang membentang dari Kembangan, memintas Jl Daan Mogot, dan berakhir di Kamal Muara, Jakarta Utara.

Para developer di Jl Ring Road dan sekitarnya menyambut baik pembangunan jalan tol yang sudah terbengkalai sembilan tahun itu, karena akan memperlancar akses dari dan menuju perumahan mereka. Jl Ring Road sudah tidak memadai menampung arus kendaraan sehingga selalu macet. “Akses tol itu menambah daya tarik perumahan di sini. Target pasar kita juga bisa lebih luas,” kata Tono Supartono, GM Puri Metropolitan (120 ha).

Bila tol W1 beroperasi, pihaknya akan mengusulkan kepada Pemprov DKI dan Pemkot Tangerang agar meningkatkan kualitas Jl Pondok Randu – Jl KH Ahmad Dahlan. Jl Pondok Randu masuk wilayah DKI, sedangkan Jl Ahmad Dahlan yang terkoneksi dengan Ciledug dan Cipondoh berada di Kota Tangerang. Lokasi Puri Metropolitan di Jl Ahmad Dahlan. Dari Jl Ring Road bisa diakses melalui Jl Pondok Randu. Jaraknya sekitar 3 km.



Puri Metropolitan

Puri hampir tanpa pesaing di jalan itu karena rumah di Griya Permata di depan Puri dan Kosambi Baru di Jl Duri Kosambi (jalan lain setelah Jl Pondok Randu yang menuju Taman Semanan), tinggal sedikit. Kosambi Baru satu induk dengan Puri. Sementara lahan Puri masih luas. Pengembangannya juga lebih rapi dan asri dengan jalan utama dan lingkungan serba lebar dilengkapi pohon peneduh.

Puri dilengkapi food court, ruko, lapangan tenis, dan sekolah. Sedang dimulai pembangunan kolam renang. Puri menawarkan aneka rumah di berbagai blok dan cluster. Misalnya, tipe Nirmala, Salvia, dan Plumeria bergaya modern minimalis serta tipe Bidadari dan Pangeran bergaya mediterania. “Cluster baru dilansir tahun depan. Gayanya masih modern minimalis. Kemungkinan itu rumah minimalis terakhir, karena setelah 2007 diperkirakan gaya itu sudah jenuh,” jelas Tono.



Taman Semanan

Pendapat senada diutarakan Jatmiko Arif Wibowo, Project Manager Taman Semanan Indah (120 ha). Ia berharap tol W1 menambah daya pikat perumahan, karena dengan tol baru itu Taman Semanan akan diapit tiga jalan tol: tol Jakarta-Tangerang di selatan dan tol bandara di utara, serta tol JORR sebagai penghubung kedua jalan tol pertama. Lokasi Taman Semanan persis di Jl Ring Road, beberapa ratus meter sebelum perempatan Jl Daan Mogot.

Perumahan juga punya akses kereta AC melalui Stasiun Rawabuaya, dan akses busway melalui shelter Daan Mogot. “Dari perumahan ke shelter itu hanya lima menit,” tukasnya. Taman Semanan dilengkapi kolam renang dan gimnasium, lapangan tenis dan basket, ruko, kantor bank, sekolah, masjid, gereja, dan lain-lain.

Taman Semanan melansir cluster baru seluas 1,1 ha yang belum dilansir resmi namanya. Semua rumahnya 2,5 lantai (split level) bergaya klasik untuk kaum mapan. “Kita ambil gaya klasik karena belum ada di sini. Sebelumnya lebih banyak mediterania. Selain itu pasok rumah minimalis sudah banyak. Terbukti 16 unit langsung diminati,” katanya.

Rumah yang dibangun hanya 26 unit terdiri dari tipe Alexandria 216/233, Eugenia 244/312, dan Sienna 216/190 seharga Rp1,25 miliar – 1,5 miliar. Semua dibangun dengan konsep taman. Rumah menengah bergaya modern baru akan dilansir tahun depan. Yang dipasarkan saat ini bergaya mediterania di beberapa blok.



Daan Mogot Baru dan Casa Jardine

Pilihan lain di koridor tol W1 adalah Daan Mogot Baru di Jl Daan Mogot, sekitar 800 m dari bakal pintu tol itu di Daan Mogot, yang menawarkan rumah bernuansa modern di cluster Taman Ubud. Perumahan juga dilalui busway . Di belakang Daan Mogot Baru ada Citra Garden selain Puri Permata Mediterania.

Selain itu juga dibangun hunian mewah Casa Jardine yang terletak di jantung utama jalan Daan Mogot raya. Hunian seluas 40 hektar tersebut terdiri dari 900 unit rumah dan tanah dengan harga bervariasi 1,2 milyar sampai 3 milyaran per unitnya. Juga tersedia kavling dengan harga kisaran 5,5 jutaan permeternya.

Pengembangan baru di Citra 6 (50 ha) di Jl Peta Utara, dan sedikit di Citra 2 (49 ha) di Jl Peta Barat. Dari Jl Daan Mogot Citra Garden bisa diakses melalui Daan Mogot Baru. Dari Jl Ring Road lewat Taman Palem Lestari setelah memintas Jl Daan Mogot dari arah Kembangan. Harga tanah di Citra 6 sudah di kisaran 4 jutaan permeternya.

Meskipun di belakang harga rumah di Citra Garden lebih mahal. Contoh tipe 248/136 dijual Rp1,28 miliar termasuk pajak. Bandingkan dengan tipe 176/144 di Daan Mogot Baru yang hanya Rp736 juta. Ada selisih Rp546 juta. Memang, rumah di Citra 6 lebih luas 72 m2. Tapi, dengan harga bangunan Rp3,5 juta/m2 sekalipun, kelebihan itu hanya bernilai Rp252 juta. Luas tanah di Citra 6 juga lebih kecil.

Tidak heran Juan Panca Wijaya, GM Daan Mogot Baru, menyebut harga rumahnya sangat proporsional dilihat dari sisi lokasi, aksesibilitas, dan fasilitas. Daan Mogot Baru sudah dihuni 1.000 KK lebih dilengkapi mal, komplek ruko, supermarket bahan bangunan, sekolah unggulan, rumah sakit, sport club, dan lain-lain.

Pilihan berikutnya Puri Media (23 ha) di Jl Kembangan yang dekat dengan Puri Indah dan tol W1 di Kembangan. Kualitas pengembangannya juga rapi dan asri. Yang dipasarkan antara lain tipe New Garnetta 100/90 dan New Agatis 150/120 bergaya modern simple untuk kalangan muda.


Bukit Golf Mediterania dan Taman Grisenda di PIK.

Kemudian Bukit Golf Mediterania dan Taman Grisenda di Pantai Indah Kapuk yang berdekatan dengan ujung tol W1 di tol bandara. Keduanya melansir rumah bergaya mediterania di cluster Layar Mediterania dan cluster Grand Taman Grisenda. Harga rumah di cluster Mediterania mencapai 1,5 milyar sampai 5 milyar per unitnya sedangkan di cluster Taman Grisenda mencapai 1,5 milyar hingga 4,5 milyar per unitnya. Harga tanah di perumahan Grisenda Pantai Indah Kapuk sudah mencapai 5,5 juta an permeter nya karena aksesnya yang strategis yaitu dekat pintu keluar tol PIK dan akses menuju Daan Mogot melalui pintu selatan PIK. sedangkan di Bukit Golf sudah sekitar 5,5 juta sampai 6,5 juta permeternya. Yang juga persis di Jl Ring Road adalah The City Resort di seberang Taman Palem Lestari, yang menawarkan rumah bergaya mediterania dan modern minimalis di cluster Hawai dengan harga di kisaran 1 milyar an. (Yoenazh K Azhar, Samsul A Nasution )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

addme